Ilmu Geofisika dan Penerapannya



Ilmu Geofisika
Yang dimaksud dengan Ilmu Geofisika adalah ilmu yang mempelajari dengan menggunakan metode fisik dan logika geologi untuk mempelajari struktur bawah permukaan bumi. Pada dasarnya akar bidang keilmuan ada empat, yaitu kimia, fisika, geologi, dan biologi. Geofisika berada diatara fisika Geologi. Sebenarnya ilmu-ilmu kebumian saling berkaitan, yaitu ilmu geologi, ilmu geomatika tetapi ilmu-ilmu ini disfesifikkan untuk menerapkan ilmu-ilmu kebumian. Jika kita peratikan eksplorasi Sumber Daya Alam di bumi ini semakin penting dalam kehidupan manusia. Oleh karena ini para insinyur geofisika berperan penting dalam teknis ekspolitasi SDA. Apalagi peralatan sekarang menggnakan teknologi canggih untuk penerapan kebumian, membuat peta bawah permukaan bumi untuk menentikan titik pengeboran, dan lain-lain

Bumi yang berumur 4,5 miliyaar tahun atau 4,5 x 10 tahun tudak ada atrinya jik dibandingkan keberadaan umat manusi. Dengan umur bumi yang lama ini akan embentuk berbagai macam mineral dan berbagai macam struktur dan lapisan. Para geologiawan telah menentukan  bahwa kulit bumi terecah menjadi lempeng tektonik yang bergerak diatas mantel yang cair.


Gambar 1 : Peta Tektonik Indonesia 



Gambar 2 : Penampang Tektonik



Ilmu geologi berperan penting dalam hal ini yaitu telah menemukan dan mengatur sumber daya alam seprti mnyak gas bumi,  batu bara, tembaga, perak, emas,dll. Imu geofisika sangat beperan penting dalam hal ini juga terutama ekspolrasi bumi, atau bawah tanah atau bawah permukaan bumi.
Metode Geofisika merupakan ilmu yang mempelajari tentang bumi dengan menggunakan pengukuran fisis pada atau di atas permukaan. Dari sisi lain, geofisika mempelajari semua isi bumi baik yang terlihat maupun tidak terlihat langsung oleh pengukuran sifat fisis dengan penyesuaian pada umumnya pada permukaan (Dobrin dan Savit, 1988).

Secara praktis, metode yang umum digunakan di dalam geofisika adalah sebagai berikut :
Metode
Parameter yang diukur
Sifat-sifat fisika yang terlibat
Seismik
Waktu tiba gelombang seismik pantul atau bias, amplitudo dan frekuensi gelombang seismik
Densitas dan modulus elastisitas yang menentukan kecepatan rambat gelombang seismik
Gravitasi
Variasi harga percepatan gravitasi bumi pada posisi yang berbeda
Densitas
Magnetik
Variasi harga intensitas medan magnetik pada posisi yang berbeda
Suseptibilitas atau remanen magnetik
Resistivitas
Harga resistansi dari bumi
Konduktivitas listrik
Polarisasi terinduksi
Tegangan polarisasi atau resistivitas batuan sebagai fungsi dari frekuensi
Kapasitansi listrik
Potensial diri
Potensial listrik
Konduktivitas listrik
Elektromagnetik
Respon terhadap radiasi elektromagnetik
Konduktivitas atau Induktansi listrik
Radar
Waktu tiba perambatan gelombang radar
Konstanta dielektrik

 A.   Metode Gravitas

Metode Gravity (gaya berat) dilakukan untuk menyelidiki keadaan bawah permukaan berdasarkan perbedaan rapat masa cebakan mineral dari daerah sekeliling (r=gram/cm3). Metode ini adalah metode geofisika yang sensitive terhadap perubahan vertikal, oleh karena itu metode ini disukai untuk mempelajari kontak intrusi, batuan dasar, struktur geologi, endapan sungai purba, lubang di dalam masa batuan, shaff terpendam dan lain-lain. Data percepatan gravitasi setelah melalui proses pengolahan diperoleh anomali percepatan gravitasi bumi.  Anomali percepatan gravitasi diakibatkan oleh perbedaan massa jenis atau struktur geologi (besaran fisis berupa rapat massa, kedalaman, volume/struktur.
  Gambar 3 : Survey Gravity

Pengukuran gravitasi di permukaan bumi dipengaruhi oleh gravitasi bumi di lokasi itu sendiri.Selain itu juga dipengaruhi oleh gaya tarik bulan dan matahari serta benda-benda langit lainnya.Maka hasil pengukuran perlu dilakukan koreksi pasang surut yang diperoleh dari tabel.

Alat Ukur Gravitasi
GRAVITIMETER (La Coste & Ronberg Gravitimeter type G358 dan G617) dengan spesifikasi model zero length spring, skala pembacaan 0 – 7000 mgal, ketelitian pembacaan 0,01 mgal, koreksi drift kurang dari 1 mgal setiap bulannya, memiliki termostat untuk menjaga temperatur alat konstan.
GRAVITIMETER (Worden no 915) jangkauan skala 0 – 2400 satuan skala, sebelum dipergunakan harus di kalibrasi untuk mendapatkan konstanta kalibrasi m (mgal/skala)
Gambar : Gravity Meter LaCoste Romberg (Austin,2004)

Prinsip Kerja


Anomani Bouguer :
1. Anomali Regional : Anomali yang berhubungan dengan massa homogen
2, Anomali Residual : Anomali yang berhubungan dengan target eksplorasi
Beberapa pendukung alat garvimetri adalah : seperangkat Gravitimeter, GPS, peta Geologi dan peta Topografi, penunjuk waktu, Kamera, pelindung gravitimeter.

Adapun tujuan pengukuran gravitasi antara lain : menentukan bentuk bumi,Menemukan distribusi massa bumi, mengestimasi elastisitas bumi, mengamati perubahan gravitasi menurut waktu,men-standar-kan konstanta fisika dan kimia
Gambar : Contoh hasil pengukuran gravitasi
Sumber :
(Parasnis, 1973, p 239)



Gambar diatas adalah contoh adanya bijih besi, dibuktikan dengan adanya anomali, grafik pada jarak 0, bila tidak ada anomali maka  grafik miring sesuai dengan perlapisan granit yang miring.
Kontibusi Geomatika :
Tentu saja ilmu geomatika berperan penting dalam hal Gravitasi, terutama dalam eksplorasi Sumber Daya Alam. Diantara Hubungan gravitasi dengan Bumi yaitu masalah pengukuran Pasang Surut (Pasut). Pengukuran ini untuk mengetahui datum titik 0 (referensi nasional untuk mengukur letak/posisi dalah gari vertikal (Ketinggian). Ahli gefisika biasa memanfaatkan hasil pengukuran datum untuk mentranformasikan kedalama batuan atau metrila di bawah permukaan bumi.
Seelain itu kondisi topografi permukaan bumi sngat penting dalam eksplorasi SDA. Tanpa peta topografi mustahil lahan SDA bisa dimanfaatkan. Masalah penentuan letak/posisi serta luas suatu wilayah akan menentukan wilayah SDA itu sendiri.
  
B.   Geolistrik

Metode geolistrik dilakukan dengan menginjeksikan arus listrik DC ke dalam bumi melalui elektroda dan mengukur beda potensial antara dua elektroda potensial dari arus yang ditimbulkan untuk mengetahui perubahan tahanan jenis lapisan batuan di bawah permukaan tanah.
 Gambar : Siklus Elektrik Determinasi Resistivitas dan Lapangan Elektrik Untuk Stratum Homogenus Permukaan Bawah Tanah (Todd, D. K, 1959)

Metode Geolistrik digunakan  dalam bidang geologi teknik seperti penentuan kedalaman batuan dasar, pencaran reservoir air, juga digunakan dalam eksplorasi panas bumi (geothermal). Jarang sekali digunakan untuk eksplorasi minyak bumi, karena jangkauan yang dihadilkan tidak lebih dari 1000 kaki.
Contoh alat yang dipakai dalam metode geolistrik adalah :
 
Gambar : Istrumen Resistivy Meter, Naniura Model NRD 22 S (Bonjotama, W, 2007)

Gambar :Resistivy Meter, Syscal Kid Resistivity Meter serial RS232 (Anonim, 2007b)

Kontribusi Geomatika :
Dalam Geolistrik yang berberan adalah GPS (Goegrafi Position Sistem), Ini digunakan untuk mengetahui posisi atau koordinat bujur dan lintang suatu titik yang akan disurvey oleh ahligeofisika. Penentuan GPS menggunaka satelit luar angkasa, dengan metode tertentu yang di terapkan dalam ilmu geomatika maka pekerjaan surver geofisika akan sangat gampang dalam menggunakan metode geolistrik. Belum lagi Penggunaan Citra satelit untuk lebih menggambarkan topografi.

C.   Magnetik
Metode geomagnetik ini kerak bumi menghasilkan medan magnet jauh lebih kecil daripada medan utama magnet yang dihasilkan bumi secara keseluruhan. Kita dapat mengamati medan magnet tersebut dipebgaruhi oleh suseptibilitas batuan dan remanen magnetiknnya dalam istilah lain anomali magnetiknya.


Pengukuran medan magnet bumi meliputi arah dan intensitas lemagnetannya dan memiliki paraneter fisis. Yaitu :
Deklinasi (D), yaitu sudut antara utara magnetik dengan komponen horizontal yang dihitung dari utara menuju timur
Inklinasi(I), yaitu sudut antara medan magnetik total dengan bidang horizontal yang dihitung dari bidang horizontal menuju bidang vertikal ke bawah.
Intensitas Horizontal (H), yaitu besar dari medan magnetik total pada bidang horizontal.
Medan magnetik total (F), yaitu besar dari vektor medan magnetik total.

Ada tiga tahapan yang digunakan dalam eksplorasi metode magnetik,yaitu : akuisisi data lapangan (penentuan titik pengamatan dan pengukuran dengan satu atau dua alat), processing (koreksi data pengukuran), interpretasi (hasil pengolahan data dengan menggunakan software diperoleh peta anomali magnetik). Metode magnetik sering digunakan dalam eksplorasi pendahuluan minyak bumi, panas bumi,dan batuan mineral serta bisa diterapkan pada pencarian prospek benda-benda arkeologi.

International Geomagnetics Reference Field (IGRF)  adalah standar nilai medan magnetik bumi. Standar ini diperbaharui 5 tahun sekali. Nilai-nilai IGRF tersebut diperoleh dari hasil pengukuran rata-rata pada daerah luasan sekitar 1 juta km2 yang dilakukan dalam waktu satu tahun.

Medan magnet bumi terdiri dari 3 bagian :
Medan magnet utama (main field).Medan magnet utama dapat didefinisikan sebagai medan rata-rata hasil pengukuran dalam jangka waktu yang cukup lama mencakup daerah dengan luas lebih dari 106 km2.
Medan magnet luar (external field). Pengaruh medan magnet luar berasal dari pengaruh luar bumi yang merupakan hasil ionisasi di atmosfer yang ditimbulkan oleh sinar ultraviolet dari matahari. Karena sumber medan luar ini berhubungan dengan arus listrik yang mengalir dalam lapisan terionisasi di atmosfer, maka perubahan medan ini terhadap waktu jauh lebih cepat.
Medan magnet anomali. Medan magnet anomali sering juga disebut medan magnet lokal (crustal field). Medan magnet ini dihasilkan oleh  batuan yang mengandung mineral bermagnet seperti magnetite, titanomagnetite dan lain-lain yang berada di  kerak bumi.

Metode Pengukuran Data Geomagnetik
Alat yang digunakan dalam pengukuran geomagnetik adalah magnetometer. Peralatan ini digunakan untuk mengukur kuat medan magnetik di lokasi survei. Salah satu jenisnya adalah Proton Precission Magnetometer (PPM) yang digunakan untuk mengukur nilai kuat medan magnetik total. Beberapa peralatan penunjang lain yang sering digunakan di dalam survei magnetik, antara lain (Sehan, 2001) :
  1. Kompas geologi, untuk mengetahui arah utara dan selatan dari medan magnet bumi.
  2. Peta topografi, untuk menentukan rute perjalanan dan letak titik pengukuran pada saat survei magnetik di lokasi
  3. Sarana transportasi
  4. Buku kerja, untuk mencatat data-data selama pengambilan data
  5. PC atau laptop dengan software seperti Surfer, Matlab, Mag2DC, dan lain-lain.

Pengukuran data medan magnetik di lapangan dilakukan menggunakan peralatan PPM, yang merupakan portable magnetometer. Data yang dicatat selama proses pengukuran adalah hari, tanggal, waktu, kuat medan magnetik, kondisi cuaca dan lingkungan. Tentu saja sebelum melakukan pengukuran kita menentukan base station untuk memudahkan metode pengukuran.

Kontribusi :
Saya pikir metode ini sama dengan alat survey dalam geomatika, yaitu adanya kaibrasi alat. Kami dari geomatika dalam kondisi seperti ini berperan dalam penetuan arah medan magnetik. Dalam Peta pasti ada arahnya serta keadaan sekitar untuk menentukan arah peta. Selain itu SIG(System Informasi Geospasil) sangat berperan dalam hal ini, untuk menyusun struktur dalam dan luar kulit bumi.

D.            Hidrogeology
Siklus hidrogeologi (air tanah) merupakan caban ilmu geologi yang mempelajari interaksiair tanah dalam sistem geologi. Interaksi tersebut dapatberupa interaksi mekanis, kimia, dan termal antara air dengan padatan berbentuk akifier serta transportasi energi dan unsur kimia dalam alairan air (Domenico dan Schwartz, 1990).

Siklus Hidrogeologi


Ada dua aspek dalam observasi hidrogeologi yaitu (asek padatan (sifat fisik dan hidtolik batuan penyusun akifier) dan aspek fluida (aliran air dalam akifier). DiIndonesia memilki banyak cekungan air, terdiridari 224 cekungan air tanah(groundwater basin). Karakateristik Cekungan Indonesia dicirikan karena kondisi geologi dan hidrologi tertentu.


Dari hasil tersebut terdiri dari 3 sistem akifier :
1.      Sistem Akifier Endapan gunungapi,
2.      Sistem Akifier Endapan batugamping karst
3.      Sistem Akifier Endapan sistem terlipat
4.      Sistem Akifier Endapan aluvial sungai
5.      Sistem Akifier Endapan pantai
6.      Sistem Akifier Endapan kristalin


Kontribusi Geomatika :

Dalam hal ini kita bisa membuat suatu keputusan. Diantara penentuan suatu kawasan. Karena Kondisi di Indonesia memilki cekungan yang banyak dengan letak strategis dengan air, tentu saja proses pengolahannya harus diatur. Saya memiliki pemikiran bahwa jika kondisi geografis termasuk penggunaannya tidak diatur, maka pemanfaatan air tidak akan maksimal. Saya ambil contoh, didaerah daratana tentu saja kondidi airnya banyak, dan mengancam banjir. Disini kita akan membuan pembagian wilyah, dengan memanfaatkan data survey dari geofisika maka daerah kita bagi menurut kebutuhan ainya. Dengan memanfaatkan Sintem Informasi Geospasial maka akan dengan sangat mudah dalam mengelola tatanana kependudukan termasuk kebutuhan air. Dan tentu saja ini ada dukungan dengan dari pemerintah setempat.
Jadi Apa?

Saya dari geomatika menyimpulkan dengan kondisi geografis kita sekarang dan peran geofisika dalam survey bawah permukaan bumi, kita bisa memprediksi yang akan terjadi di permukaan bumi dalam kurun waktu tertentu.

Gelombang Seismik sangat berpengaruh dalam luas daratan. Karena seiring perubahan waktu, luas permukaan bumi akan berkurang. Disini Geomatika akan membuat suatu predikdi yang akan terjadi 12-30 tahun kedepan untuk memetakan topografi permukaan bumi.
Dengan memafaatkan metode seismik geofisika akan sangat mudah kita mengatasi masalah administrasi wilayah, termasuk mengatasi masalah wilayah Indonesia.
Selain itu juga dalam masalah survey, geomatika akan bisa menyimpulkan jika semua Sumber Daya Alam di Indonesia terus diburu oleh perusahaan-perusahaan, tentu saja akan merugikan kita sendiri. Geomatika bisa membuat keadan permukaan bumi karena akan habisnya sumber daya alam dengan memanfaatkan citra satelit luar angkasa. Kita juga akan mengatasi pembagian masalah-masalah ekspolitasi Sumber Daya Alam. Karena semua eksplorasi Sumber daya Alam yang pertama survey adalah Geomatika untuk survey topografi suatu wilayah. Tanpa Geomatika tidak ada manfaat Sumber Daya Alam.

Referensi
  • Prof. Deny Juanda Puradmaja, Hidrologeologi Kawasan Gunungapi dan Karst di Indonesia, Balai Pertemian Ilmiah ITB, 22 Desember 2006
  • Nandi, S.pd . Sumberdaya Hidrogeologi, Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Pendidikan Indonesia , 2006
  • Sudaryo dan Rohima, Pengolahan Data Geolistrik Dengan Metode Schlumberger, Jurusan Teknik Geologi Fakultas Teknik Undip, 2008
  • Teknologi Eksplorasi Geofisika, Arsip Universitas Sriwijaya Palembang, 2012
  • Metode Gravitasi, Jurusan Teknik Geologi Universitas Hasanuddin,2008
  • Prof. Dr. Ir. Djoko Santoso, M.Sc, Pengantar teknik geofisika, ITB Bandung ,2002
  • Metode Gravity, Lab Geofisika jurusan/prodi Fisika FMIPAUniversitas Padjadjaran. 2012.

Komentar

  1. KABAR BAIK

    Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

    Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.
    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

    Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.
    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com
    Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

    Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

    BalasHapus
  2. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  3. Halo, nama saya SALSABILLA ZULFKAR memangsa hukuman di tangan kreditor palsu. Saya kehilangan sekitar Rp. 30.000.000,00 karena saya membutuhkan modal besar Rp. 300.000.000,00. Aku hampir mati, aku tidak punya tempat untuk pergi. Perdagangan saya hancur, dan dalam proses itu saya kehilangan anak dan ibu saya. Saya tidak tahan lagi dengan kejadian ini. Minggu lalu saya bertemu dengan seorang teman lama yang mengundang saya ke seorang ibu yang baik, Ms. KARINA ROLAND LOAN COMPANY, yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman sebesar Rp.500.000.000,00

    Ibu yang baik, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk menerima ucapan terima kasih saya, dan semoga Tuhan terus memberkati ibu yang baik KARINA ROLAND dan teman saya. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberikan saran kepada orang Indonesia lainnya, ada banyak penipu di sana, jadi jika Anda memerlukan pinjaman dan keamanan dan siapa pun yang membutuhkan pinjaman harus cepat, hubungi KARINA ROLAND melalui email karinarolandloancompany@gmail.com
    Anda masih dapat menghubungi ibu whatsApp nomor +1 (585) 708- 3478
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email: (salsabillazulfikar4@gmail.com). untuk informasi lebih lanjut.

    BalasHapus
  4. Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya INDALH HARUM, TOLONG, saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan mendukung saya melalui ibu yang baik, LASSA JIM , Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan menolak, maka saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya curang dan saya kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapat pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya INDALH HARUM, TOLONG, saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan mendukung saya melalui ibu yang baik, LASSA JIM, Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan menolak, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya menipu dan kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan Pemberi pinjaman karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapat pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya, Harum kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. LASSA JIM, seorang pemberi pinjaman di sebuah perusahaan bernama ACCESS LOAN FIRM sehingga teman saya meminta saya untuk melamar ibu LASSA, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ms. LASSA.
    Saya mengajukan pinjaman 2 miliar rupiah dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan keamanan untuk transfer pinjaman yang baru saja saya katakan kepada dapatkan perjanjian lisensi, aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 48 jam pinjaman itu disetorkan ke rekening bank saya.
    Saya pikir itu hanya lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah 2 miliar. Saya sangat senang bahwa Tuhan akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya. mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda. Semoga Tuhan memberkati Mrs. LASSA JIM untuk membuat hidup saya lebih mudah, jadi saya sarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LASSA melalui email: lassajimloancompany@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi nomor JIM ibu LASSA whatsApp +1(301)969-1955.

    Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Sekali lagi nama saya adalah INDALH HARUM, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: Indalhharum@gmail.com

    BalasHapus
  5. Hari yang baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Nurul Yudianto, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman pinjaman di internet

    Setelah beberapa waktu berusaha mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman secara online tetapi saya curang dan kehilangan Rp18,7 juta, kepada seorang wanita di saudi arabia dan Nigeria.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Nyonya Rika Nadia (rikanadia6@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Lady Esther, manajer Cabang dari Access Loan Firm, sehingga teman saya meminta saya untuk mendaftar dari LADY ESTHER, jadi saya Menjerit dituangkan dan dihubungi LADY ESTHER. melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp250 juta dengan suku bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pengalihan pinjaman, saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam uang pinjaman telah dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp250 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa-doa saya dengan buku pinjaman dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati LADY ESTHER untuk mewujudkan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) atas pinjaman Anda

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nurulyudianto2@gmail.com) Salam

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar mengetahui Parameter Orientasi Dalam pada kamera (kalibrasi Kamera) Android Cross A7S

Survey Topografi