Enjoyed in Pare " Gua Surowono "

Setelah Senin sampai Jumat sibuk ngomong bahasa Inggris di Pare, libur datang juga. Tujuan kunjungan minggu ini adalah Gua Surowono dan candinya. Awalnya sih gak ada buat ke sana, tapi temen-temen ngajakin kesana, aku ikut juga, dari pada di kosan gak tau ngapain, ikut deh jadinya. Dari kosan (Jl. Brawijaya) menuju Goa Surowono sekitar 40 menit naik sepeda pancal. Sengaja naik sepeda pancal biar bisa menikmati udara pagi, lagian gak terasa capeknya, yah... karna yang ikut rame, jadi santai aja...

Goa Surowono terletak di Desa Canggu, ke. Pare, Kediri. Katanya goa ini peninggalan kerjaan Kediri dulu. Goa ini mengalir air yang sangat jernih. selain itu dulu digunakan sebagai tempat persembunyian ketika perang pada waktu itu.


Nah... ini dia ketika pertama tiba di Pintu masuk 1.


satu yang terpenting, ketika mau masuk harus dipandu sama Guide nya, soalnya bisa-bisa tersesat didalam, banyak terowongan bercabang. dan yang pasti siap-siap basah-basah.Tapi kesannya seru juga, bisa banyangin ketika orang-orang jaman dahulu melewati dan bersembunyi disini, histris bangat. Pintu masuk terdapat 2 pintu. salah satu mulut goa yang berhadapan dengan pintu goa pertama, belum pernah seorangpun menelusurinya. Mitosnya terowongan ini tembus ke Candi Surowono sekitar 300 m dari pintu goa, bahkan sampai ke Gunung Kelud. Konon, beberapa orang pernah mencoba tapi selalu cepat kembali keluar karena kesulitan bernapas.

Pintu masuk terdapat 2 pintu. salah satu mulut goa yang berhadapan dengan pintu goa pertama, belum pernah seorangpun menelusurinya
Mitosnya terowongan ini tembus ke Candi Surowono sekitar 300 m dari pintu goa, bahkan sampai ke Gunung Kelud. Konon, beberapa orang pernah mencoba tapi selalu cepat kembali keluar karena kesulitan bernapas.

Suasana didalam memang terasa serem, gelap, sempit, tingginya tidak lebih dari 165 cm, dan hanya bisa dilalui 1 orang, jadi kalo banyak silahkan beriringan. Goa ini ada 5 pintu masuk. Pintu masuk pertama masih gampang, kalo jalan masih bisa berdiri, Pintu Masuk 2 mulai sempit,, mesti merunduk, Pintu masuk 3 silahkan jongkok, Kalo Pintu Masuk 4 dan 5 katanya mesti berenang, tapi belum pernah coba, resikonya besar. Kami cuman sanggup sampai pintu ketiga, lamanya sektiar 50 menit.
oh iah,,, informasi juga biaya masuk Goa Rp1000 per Orang, iika membutuhkan pemandu biayanya Rp1000 per orang.


Goa ini berada diatas rumah-rumah penduduk desa Canggu. Goa ini memiliki lima mulut goa yang sanling berhubungan. Rasa peasaran pun mulai muncul,, seperti apa rasanya didalam.


Itu aja sih,, yang penting hati-hati dan jangan berbuat onar di dalam,, soalnya mistis bangaet, tidak heran pada aliran air goa banyak kembang-kembang mengalir.


sebelum masuk goa,,,,

Ketika berada di pintu masuk 2

Semapatin makan jaga disana...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar mengetahui Parameter Orientasi Dalam pada kamera (kalibrasi Kamera) Android Cross A7S

Survey Topografi

Ilmu Geofisika dan Penerapannya