Kemegahan Gunung di Indonesia




  1. Puncak Jaya Wijaya (Cartstenz Pyramide)
    Puncak Jaya Wijaya merupakan  salah satu dari tujuh puncak tertinggi dunia (Seven Summit). Puncak tertinggi di Indonesia. Puncak ini mecapai 4.884 m.dpl. Uniknya puncak ini diselimuti salju yang dilalui garis khatulistiwa dan satu-satunya puncak yang ditutupi salju di Indonesia. Kandungan es di Pegunungan ini diperkirakan 5 persen dari cadangan es dunia yang berada di luar benua Antartika. Seorang Ahli Geologi pernah meneliti di kawasan ini menyatakan bahwa Pulau papua yang puncaknya Jaya Wijaya terbentuk sekitar 60 juta tahun yang lalu, yang terbentuk dari batuan sedimen yang terangkat akibat tumbukan lempeng Indo-Pasifik dan Indo-Australia di dasar Laut. Sehingga tidak heran fosil hewan laut bisa ditemukan disini. Lokasi Puncak Jaya Wijaya terletak di Kabupaten Puncak Jaya, Provinsi Papua.
    Puncak Jaya Wijaya
  2. Gunung Kerinci
    Gunung Kerinci (3.805 m. dpl) merupakan gunung api tertinggi ke dua di Indonesia yang dikelilingi hutan Taman Nasional Kerinci Seblat dan juga merupakan bagian dari pegunungan Bukit Barisan di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Keindahan dan kemegahan alamnya dijuluki sebagai "Sekepal Tanah Surga yang tercampakkan ke Bumi".

    Gunung Kerinci
    sumber :http://www.shnews.co
    Gunung Kerinci ini memiliki kekyaan Hutan yang beraneka ragam seperti Dipterokarp Bukit, Dipterokap Atas, Hutan Monatne dan Hutan Ericaceous (Hutan Gunung). Selain itu dikawasana ini kaya akan flora dan pauna yang beraneka ragam, sehingga selain tujuan wisata Gunung ini juga digunakan untuk penelitian dan pendidikan.
  3. Gunung Rinjani
    Gunung Rinjani yang merupakan gunung tertinggi ketiga di Indonesia (3.720 m. dpl), menyimpan berbagai misteri salah satu diantaranya yaitu tentang keberadaan Dewi Enjeni. Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, Dewi Enjeni adalah Ratu jin penguasa Gunung Rinjani. Mereka meyakini bahwa Dewi Enjeni lahir dari perkawinan manusia Sasak dengan jin, berparas cantik dan masih keturunan Raja Selaparang. Untuk menghormati Dewi Enjeni, masyarakat sering mengadakan upacara religius di Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak, dengan melepaskan ikan-ikan kecil yang terbuat dari emas tipis ke Danau Segara Anak.

    Gunung Rinjani
    foto : http://www.rinjaninationalpark.com/
    Gunung Rinjani terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Terdapat danau yang sanga indah di Sekitar Gunung ini yang dinamakan danau Segara Anak ketinngian ± 2.010 m dpl dan kedalaman ±  230 meter . Danau Ini terbentuk pada masa fase penghancuran gunung api  Gunung Rinjani telah membentuk suatu  kaldera yang sebagian besar terisi air berbentuk bulan sabit dengan luasan sekitar 1.100 Ha. Akibat tektonik vulkanik yang terus menerus di tengah-tengah kaldera muncul kerucut baru gunung api yang dinamakan Gunung Baru Jari (± 2.376 m dpl).
  4. Gunung Semeru
    Gunung Semeru atau Sumeru adalah gunung berapi tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru, 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl). Gunung ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Taman Nasional ini terdiri dari pegunungan dan lembah seluas 50.273,3 Hektar. Terdapat beberapa gunung di dalam Kaldera Gn.Tengger antara lain; Gn.Bromo (2.392m) Gn. Batok (2.470m) Gn.Kursi (2,581m) Gn.Watangan (2.662m) Gn.Widodaren (2.650m). Terdapat empat buah danau (ranu): Ranu Pani, Ranu Regulo, Ranu Kumbolo dan Ranu Darungan.
    Gunung Semeru
    foto : http://www.gunungsemeru.com/
    Flora yang berada di wilayah Gunung Semeru beraneka ragam jenisnya tetapi banyak didominir oleh pohon cemara, akasia, pinus, dan jenis Jamuju. Sedangkan untuk tumbuhan bawah didominir oleh Kirinyuh, alang-alang, tembelekan, harendong dan Edelwiss putih, Edelwiss yang banyak terdapat di lereng-lereng menuju puncak Semeru. Dan juga ditemukan beberapa jenis anggrek endemik yang hidup di sekitar Semeru Selatan.Banyak fauna yang menghuni gunung Semeru antara lain : macan kumbang, budeng, luwak, kijang, kancil, dll. Sedangkan di Ranu Kumbolo terdapat belibis yang masih hidup liar.
     
  5. Gunung Kawah Ijen

    Gunung Kawah Ijen
    Foto : http://www.eastjava.com
    Kawah Ijen adalah sebuah danau kawah yang bersifat asam yang berada di puncak Gunung Ijen, Jawa Timur, memiliki tinggi 2368 meter di atas permukaan laut dengan kedalaman danau 200 meter dan luas kawah mencapai 5466 Hektar. Kawah Ijen berada dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen, Kabupaten Bondowoso, dan Banyuwangi ,Jawa Timur.Gunung kawa ijen  memiliki kawah dengan panjang garis ± 911 m dan lebar ± 600 m. Kawah yang berwarna hijau mengandung belerang  seluas  kira-kira 54ha. Keindahan lain dari kawah ijen ini terjadi antara bulan Agustus – September, karena bulan-bulan ini pemandangan Gunung akan dilengkapi bunga-bunga abadi (Edelweis) jenis kuning dan putih yang sedang  mekar.

     

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar mengetahui Parameter Orientasi Dalam pada kamera (kalibrasi Kamera) Android Cross A7S

Survey Topografi

Ilmu Geofisika dan Penerapannya