3D Modelling Objek

Hi Guys, kali ini akan memposting mengenai 3D modelling. Setelah sebelumnya saya memposting tentang Kalibrasi kamera dengan photomodeller scanner, saatnya kita membuat bentuk 3D modelnya.
oke langsung saja, untuk kamera yang saya gunakan adalah kamera digital NIKON COOLPIX L840 16 Megapiksel, dan objek yang saya gunakan adalah objek lampu. Awalnya saya ingin memodelkan tugu pahlawan surabaya, tapi dilihat dari kondisi cuaca, perijinan, dan alat yang digunakan, yah gpp deh lampunya saya yang di modelkan.

Sebanarnya cukup gampang cara membuat 3D Model ini. Kita menyesuaikan dengan prinsip Photogrammetry yaitu :

  1. Kalibrasi Kamera ==> karena yang digunakan adalah kamera digital, jadi harus diketahui dulu parameter internal kameranya, seperti, panjang fokus, titik fidusial x dan y, distorsi lensa radial (K1,K2,K3) dan tangensial (P1, dan P2).
  2. Reseksi Kamera (Orientasi luar atau orientasi relatif), ==> Kita harus mengetahui parameter luar kamera (sistem koordinat kamera) relatif terhadap objek dilapangan. yaitu XL, YL, dan ZL serra sumbu rotasi kamera terhadap objek dilapangan (omega, phi dan kappa). Minimal 2 foto objek yang bertampalan dalam melakukan rereksi titik.
  3. Interseksi titik (Orientasi Absolut)==> untuk mengetahui koordinat dilapangan.
Okey guys, untuk mengetahui bagaimana cara melaukan 3D modelling ini, saya akan cantumkan laporan praktikum saya, teman-teman bisa mempelajarinya dengan baik.
ini bebrapa hasil dari 3 D model objek tersebut.








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar mengetahui Parameter Orientasi Dalam pada kamera (kalibrasi Kamera) Android Cross A7S

Survey Topografi

Ilmu Geofisika dan Penerapannya