Pesona Keindahan Kawah Ijen Banyuwangi

Kawah Ijen
Kawah ijen merupakan salah satu destinasi wisata alam favorit di Jawa Timur. Kawah Ijen ini letaknya di punjak Gunung Ijen, wilayah kecamatan lilin kabupaten Banyuwangi dan kecamatan Blowang, kabupaten Bondowoso. Gunung Ijen berada diketinggian 2.443 m dpl merupakan salah satu gunung yang masih aktif sampai sekarang, telah 4 kali meletus pada tahun 1796, 1817, 1913, dan 1936. Gunung Ijen ini memiliki kawah terbesar didunia, yang bisa memproduksi 36 juta meter kubik belerang dan hidrogen klorida dengan luas sekitar 5.466 ha. Kawah Ijen ini juga digunakan sebagai kegiatan pertambangan balerang oleh masyarakat sekitar.
Pemandangan Kawah pada pukul 04.45 WIB

Senja kawah ijen
Perjalanan kami mulai dari Surabaya sekitar pukul 10 Pagi dengan kendaraan Mobil menuju banyuwangi. perjalanan kali ini memang santai, dan akhirnya kami sampai di Banyuwangi tepatnya di basecamp pada pukul 18.00 WIB. selama di basecamp istirahat yang cukup, karna pendakian menuju kawah ijen diijinkan pada pukul 02.00 WIB. tepat pada pukul 01.30 kami pun bersiap-siap menuju punjak, dengan tiket per orang adalah Rp10.000.
panorama sekitar puncak kawah
Perjalanan cukup santai, kita bisa menikmati pemandangan alam pada malam hari. Track menuju kawah lumayan mudah dan bagus, tapi tetap hati-hati karna jika musim hujan sangat berbahaya karana jalan licin. dan tidak terasa pada pukul 04.00 sampai lah kami di puncak, suhu disini sangat dingin, hingga mencapai 10 derajat celcius hingga 2 derajat celcius. tapi pemandangan disana cukup mengangumkan. pesona kawah ijen ini memiliki keindahan alam yang begitu eksotis, blue fire nya yang bisa dinikmati dari kejauhan cukup memberikan pesona yang luar biasa. Blue fire adalah api yang berwarna biru kerana semburan balerang cair dari kawah tersebut.
penambang belerang yang tangguh

Ratusan Penambang setiap hari membawa balerang dipundaknya, bayangkan saja hanya dengan dua buah keranjang para penambang bisa mengangkat  beban belerang 80 kg hingga 100 kg. Para penambang sudah terbiasa melakukan kegiatan ini naik turun kawah hingga penimbangan dengan menembpuh jarak kira-kira 3 km.
Peamandangan selama perjalanan

Panorma puncak kawah ijen








Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar mengetahui Parameter Orientasi Dalam pada kamera (kalibrasi Kamera) Android Cross A7S

Survey Topografi

Ilmu Geofisika dan Penerapannya